Tujuan utama dari sebuah sistem ducting ac adalah tercapainya  aliran volume udara dari sumber (AC, AHU, HVAC) pada suatu titik ruangan (difusser) atau lokasi dalam satuan waktu yang sudah ditentukan. Berikut ini adalah hal penting yang harus diperhatikan dan dipenuhi dalam instalasi sebuah sistem ducting AC.

   1. Laju Aliran Udara (Flow rates)

Ketika laju udara yang  sampai di difusser lebih kecil maka waktu yang diperlukan ruangan untuk mencapai suhu yang diinginkan akan lebih lama. Laju udara dipengaruhi oleh spesifikasi fan AC, penampang serta panjang ducting.

    2. Tingkat Kebisingan (Noise)

ac central untuk rumah

Udara yang bergerak didalam ducting akan menimbulkan getaran serta gesekan yang akan mengeluarkan suara bising (noise). Perhitungan matang dan standart kebisingan yang ditimbulkan harus  masuk dalam batas toleransi dimana akan berbeda-beda standartnya antara di gedung, perkantoran, area industri, residen dan lain-lain.  Semakin tinggi laju udara maka suara yang ditimbulkan akan semakin keras.

   3. Ruang Kontruksi Ducting

Kontruksi Ducting AC

Pada beberapa gedung menyisakan tempat yang kurang memadai, biasanya ketinggian langit-langit (plafon) dengan atap yang terlalu rendah untuk instalasi ducting. Maka tugas kontraktor ducting untuk mengefisienkan sistem baik dari pengaturan ukuran penampang, difusser flexible dan perangkat ducting lainnya.

   4. Efisiensi Biaya

Pemilihan material, perhitungan ukuran, dan desain sistem ducting akan sangat mempengaruhi biaya yang dikeluarkan. Disampaing desain dan kontruksi yang memudahkan teknisi dalam proses pembuatan dan instalasi ducting AC sedemikian rupa sehingga waktu pengerjaannya lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *